CARI SOFTWARE

DAFTAR ISI

Protected by Copyscape Originality Check

Rabu, 13 April 2011

TIPS AMAN NGE-FACEBOOK

Sekali lagi artikel tips aman facebook disertai dengan cara aman facebook, tapi disingkat juga bisa menjadi tips aman FB dan cara aman FB, cara aman facebookan yang tidak terganggu dengan hal-hal lain, tips cara facebookan aman.

Siapa yang tidak mengenal situs Facebook. Bahkan operator telepon selular pun beramai ramai ikut mendukung Facebook. Seperti handphone dengan fitur Facebook, sampai menawarkan bandwidth internet gratis secara terbatas. Mengapa Facebook begitu menarik, tentu ada manfaatnya.

Manfaatnya sangat banyak. Bahkan dari pihak berwajib mengunakan Facebook untuk mencari alamat penjahat. Seperti pelarian seorang narapidana pernah ditemukan melalui jaringan Facebook. Bahkan para debt collector sudah mengunakan fitur Facebook, untuk mencari orang yang menunggak tagihan kartu kreditnya. Hebat bukan.

Mengapa Facebook sangat diminati. Karena banyak fitur pada Facebook. Salah satu yang dibutuhkan banyak penguna internet adalah membuat situs yang menyimpan data pribadi tetapi gratis. Dibandingkan membuat website, membutuhkan keahlian tertentu. Mengunakan layanan Blogger, memang gratis tetapi tidak semudah dan seluas layanan Facebook. Dengan Facebook, penguna internet cukup membuka account lalu menjadi member Facebook. Semua dilakukan secara otomatis. Cukup memasukan data pribadi, update data dan foto. Semua dilakukan dengan mudah di Facebook

Ada pertanyaan, apakah Facebook berguna atau sekedar situs iseng saja. Dibawah ini sisi posisit dan negatif serta kemungkinan apa yang tidak terduga akan anda dapatkan dari situs Facebook.

MANFAAT FACEBOOK

Semua sudah mengenal Facebook, lalu apa fungsi situs pertemanan terbesar didunia tersebut. Dengan 750 juta anggota lebih, masyarakat Amerika menjadi member terbesar situs tersebut. Indonesia juga masuk daftar 10 besar sebagai negara peng-access situs Facebook.

Dimana manfaat Facebook. Ada beberapa fungsi Facebook saat ini yang menguntungkan bagi member itu sendiri :

Untuk pribadi
Mencari teman lama
Facebook dapat digunakan untuk mencari teman lama. Fitur foto dan jati diri dapat dimasukan kedalam Facebook. Teman lama anda dapat mencari member Facebook lainnya. Dengan mudah teman lama anda akan menemukan dan menghubungi anda dengan melihat data yang anda berikan


Mencari teman baru
Dengan keberadaan data anda di Facebook, setiap orang bisa membaca. Bahkan dibuat lebih rinci, seperti hobby, kegiataan dan lainnya. Anda dapat memberikan informasi kegiatan anda kepada orang lain yang kebetulan bertemu. Mereka yang memiliki ketertarikan dibidang yang sama dapat saling berbagi informasi. Dari jaringan situs Facebook, maka nama anda akan masuk ke Wall orang lain. Disana sesama member Facebook dapat melihat kegiatan anda. Dan bisa melanjutkan ke langkah berikutnya seperti bertemu di dunia nyata dan melakukan kegiatan bersama sama untuk sesuatu hal


Mencari dukungan
Karena dengan mudah memberikan informasi kepada rekan rekan lainnya. Informasi yang diberikan lebih mudah dibaca oleh member sesama Facebook. Misalnya kasus Prita yang banyak menarik simpati member Facebook Indonesia, dan kasus lainnya untuk menunjukan ketidakadilan dari suatu masalah. Semua dapat berbagi dengan Facebook.



Untuk usaha
Facebook untuk media
Kecepatan access Facebook sudah dimanfaatkan sebagai Media berita. Facebook banyak digunakan media dan perusahaan untuk memberikan informasi kepada penguna member Facebook. Bahkan mampu mengirimkan komentar dan pendapat secara realtime. Fitur Facebook akan lebih mudah , cepat dan lebih interaktif dibanding mengirim email. Pihak media cukup memberikan publikasi , dan member Facebook lainnya akan mendapatkan informasi update secara berkala.


Promosi usaha
Bagi mereka yang ingin mempromosikan produk atau jasa. Facebook dapat dijadikan ajang kegiatan promosi. Baik secara personal misalnya jasa pribadi, maupun ajang promosi baik perusahaan kecil dan besar. Dengan member yang besar, maka Facebook sangat baik sebagai sarana promosi. Terlebih bila pemasaran sebuah produk dan jasa sudah berjalan sebagai mestinya. Maka Facebook dapat dijadikan ajang pengingat bagi pelanggan baru dan lama.

Dibandingkan memiliki sebuah blog atau website, Facebook lebih mudah dan cepat bagi penguna internet, karena tidak memerlukan keahlian khusus. Cukup menjadi member, lalu memasukan data yang diperlukan. Semua diatur oleh Facebook

Hal diatas adalah sebagian kecil yang dapat dimanfaatkan antar penguna Facebook.


Semua sifat manusia ada di Facebook





YANG PERLU DIKETAHUI DARI MEMBER FACEBOOK

Penguna Facebook adalah manusia biasa. Member Facebook datang dari seluruh dunia dan segala kalangan. Yang pintar, baik hati, sifat buruk dan setengah baik bahkan agak gila akan berada disana. Kita tidak pernah mengetahui sisi orang lain yang menjadi teman anda di Facebook. Bisa saja teman anda adalah benar benar baik hati, atau penipu atau seorang psikopat. Korban Facebook sebenarnya sudah banyak, tetapi yang tampil saat ini hanyanya sebuah puncak gunung es saja.

Ada banyak sisi, watak, dan pribadi manusia ada di Facebook, mengapa perlu diperhatikan. Mereka yang memiliki sifat baik tetap akan baik. Yang jahat akan semakin mengembangkan sifat jahat. Pribadi yang sulit ditebak adalah sisi antara baik tetapi sebenarnya buruk.
Member yang baik
Sudah tentu memiliki manfaat positif. Anda menjadi member dan mengungkapkan jati diri anda. Semua tertuang didalam aktivitas Facebook anda. Baik kegiatan, keluarga, foto, informasi detail perjalanan anda, usaha, sekolah dan sebagainya. Tentunya sangat baik bila anda memiliki banyak teman, sehingga Facebooker lain tertarik ikut kegiatan anda. Semakin ramai akan menambah variasi didalam hidup seseorang.

Member Facebooker lain dapat menjadi semangat, dengan memberikan komentar positif dan pujian kepada anda. Atau ikut menyebarkan informasi tentang anda kepada orang lain, sehingga anda akan mendapatkan teman lebih banyak


Member yang buruk
Beberapa orang memang memiliki niat buruk, dan masuk menjadi member Facebook

Kita sudah mengetahui apa saja yang terjadi di Facebook. Seperti menjelekan pribadi orang lain sampai penjahat yang menyamar sebagai member Facebook. Aktivitasnya tentu beraneka ragam. Dari sekedar menyebarkan virus, menyebar gosip negatif, merayu, menjual kata kata manis sampai kegiatan yg setara dengan kejahatan di dunia nyata dapat saja terjadi di Facebook.

Mengapa hal ini terjadi, karena Facebook tidak dapat memonitor siapa anggota yang mendaftar. Facebook tidak bisa mengawasi semua orang dan Facebook adalah situs bebas. Bisa saja sifat jahat atau memang penjahat memanfaat Facebook untuk mencari korban. Apakah anda yakin bahwa seorang member Facebook yang cantik dan tampan menjadi teman anda. Padahal anda tidak pernah bertemu.

Sebaiknya berhati hati menghadapi user sekelas penjahat yang berada dibelakang nama Facebook. Karena kejahatan dapat dimanfaatkan oleh penjahat internet. Apa saja yang dapat dilakukan oleh para penjahat di Facebook . Seperti mengambil nama email anda (lalu dijual ke orang lain untuk melakukan spamming), nomor telepon (untuk menipu), Foto (akan menarik dicuri bila foto anda memang bagus dimasukan ke website lain seperti situs dating palsu). Bahkan menduplikasi diri ke nama lainnya. Ini dunia digital, cukup meng Copy Paste data anda di internet. Maka profile anda sudah terduplikasi.


Member abu abu
Kegiatan positif bisa menjadi negatif. Kasus banyak wanita hilang sampai masuk ke media, karena diajak pacaran oleh member pria di Facebook. Tetapi sampai saat ini belum tercatat apakah ada pria yang hilang karena Facebook ?. Mereka yang sebenarnya memiliki sifat baik terkadang terpancing menjadi tidak baik. Dari sekedar iseng, lalu mulai mencoba memancing orang lain. Disanalah disebut sisi abu abu.

Seperti pepatah, bila ada kesempatan mengapa tidak. Terlebih orang dengan pribadi yang labil. Hari ini terlihat manis, selanjutnya akan menjadi sangat tidak stabil. Bila mendapatkan user seperti ini, sepertinya anda baru saja menemukan orang gila sebagai member Facebook. Awalnya memberikan komentar positif, lama lama mulai menghina diri anda.



YANG BISA DIBAGI & TIDAK BISA DIBAGI DI FACEBOOK

Karena user Facebook datang dari berbagai kalangan. Kita tidak mengetahui apakah teman baru anda memang baik atau akan berperilaku buruk. Apakah profil dan data pribadi anda memang aman dimasukan ke Facebook. Dibawah ini tips agar anda aman. Sisi yang perlu diberikan dan tidak, serta resiko yang mungkin anda hadapi dari data yang anda berikan
Tidak sembarangan menambah teman anda
Berpikir 2 kali, apakah profil anda terhubung dengan masalah pribadi, personal lainnya, seperti keluarga, anak anak, usaha anda sampai perusahaan. Membuka diri terlalu banyak bisa berdampak baik dan buruk. Ada baiknya tidak sembarangan menerima teman baru anda. Kecuali anda siap menghadapi resiko bahwa data anda akan dibagi oleh orang lain.

Bila mendapat permintaan Add, tetapi anda tidak yakin dengan orang tersebut. Jangan menerima dan dibiarkan saja, artinya anda tidak perlu menolak dan dalam proses tunggu. Anda tidak akan menyinggung orang tersebut, karena Add yang diminta tidak secara langsung ditolak.
Jangan mempercayai siapapun dari data Facebooker lainnya
Ini dunia maya atau virtual. Siapa saja bisa mengambil data orang lain dan menjadikan data pribadi. Banyak orang memiliki keahlian untuk berbohong. Kata kata manis bahkan tampilan foto bisa saja menjebak para Facebooker. Bisa saja seseorang menampilkan bangunan pabrik yang sangat besar dan mengaku sebagai pemiliknya, padahal gambar yang diberikan merupakan hasil modifikasi digital. Ingat , teknologi digital memungkinkan seseorang memanipulasi sebuah gambar dan sebuah camera digital saat ini harganya hanya ratusan ribu saja. Kata kata manis bisa dijadikan ajang promosi. Bandit di Internet akan tampil seperti domba yang jinak.
Tidak emosi dan tidak terpancing
Facebook berada di dunia maya. Setidaknya tidak perlu terpancing secara emosi. Bila mendapatkan komentar yang kurang membangun. Sebaiknya abaikan.

Jangan berlomba bahkan ikut bersaing dengan member lain. Seperti menampilkan sesuatu yang tidak pantas, menampilkan kekayaan dan sebagainya. Hal ini akan memancing sisi para penjahat dan member yang kurang baik menyerang anda.

Namanya saja dunia maya, siapa orangnya tidak pernah kita ketahui. Toh banyak penipu asal Nigeria yang mengaku anak raja yang memiliki uang milyaran di internet. Buntunya hanya melakukan menipu saja.


Jangan mudah menerima teman
Menurut sebuah penelitian, manusia hanya mampu menghafal sekitar 150 orang teman dekat selama waktu tertentu. Kurang banyak memiliki jumlah teman di Facebook, bukan berarti anda tidak favorit. Jangan terpancing untuk berlomba memiliki banyak teman. Karena ada perusahaan yang menawarkan jasa untuk menambah teman di Facebook

Atau anda tidak memiliki kesibukan yang lebih bermanfaat, sebaiknya cari kegiatan lain dibandingkan memberikan komentar dari Facebooker lain ke wall atau account anda.

Kecuali anda memiliki sebuah usaha atau jasa yang membutuhkan promosi untuk publikasi. Semakin banyak member akan semakin berguna. Atau anda memang aktif pada bidang tertentu dimana banyak kalangan dengan bidang yang sama dapat saling berkomunikasi. Tetapi bukan berarti anda harus tergila gila mengharapkan usaha atau kegiatan anda akan lebih lancar dengan Facebook.


Foto dapat dijadikan ancaman oleh seseorang
Foto di Facebook bisa di duplikasi dengan mudah oleh orang lain. Jangan menampilkan foto terlalu menantang, karena akan mengundang tangan jail. Bisa saja seseorang membuka account atas nama anda, lalu mengcopy gambar anda, dan memaki member lainnya dengan nama anda. Tips aman, plester foto anda dengan nama Facebook pribadi anda, misalnya mengetik nama situs anda dari software photo. Tip teraman, sebaiknya tidak mempublikasikan foto penting anda di Facebook.

Bila anda sengaja mengabaikan. Jangan heran bila suatu saat foto anda yang tampan dan cantik mendadak nongol dibeberapa situs luar negeri, bersanding bersama foto telanjang orang lain di situs porno atau situs dating ;-)


Amankan email pribadi anda
Jangan mengunakan email pribadi dan perusahaan, bila anda tidak mengerti benar cara kerja Internet. Diluar sana masih banyak orang yang jauh lebih pintar dan sangat mengerti cara kerja dunia internet.

Hal ini untuk menghindari Spam / email sampah dari orang lain dan penipuan. Dengan memasukan email anda kedalam Facebook, email anda bisa saja dijadikan target oleh penjahat. Seperti mengirimkan email sampah atau untuk melakukan penipuan. Sekali saja mereka mendapatkan nama email anda dan mereka mulai mengirim email sampah ke account email anda. Selamanya email anda menjadi target si tukang sampah. Pisahkan email pribadi dengan email Facebook. Gunakan email gratis seperti Yahoo lain, bila bermasalah anda cukup membuat email baru.


Perlu tidaknya membuat 2 account Facebook terpisah
Misalnya account Facebook pribadi dan account Facebook untuk umum. Perlu di ingatkan, sistem Facebook seperti jaringan laba laba. Ada baiknya membuat beberapa account di Facebook. Dimana satu account digunakan secara bebas, sedangkan account lain untuk hal hal yang sangat pribadi saja.


Mengawasi anak anak dari Facebook
Bila orang tua “tidak gaptek banget”. Sebaiknya ikut menjadi member Facebook. Dan melihat kegiatan anak anak dengan menjadi teman. Teknik ini akan memudahkan orang tua memonitor siapa saja teman si anak di Facebook.


Hindari memberikan data terlalu detail
Sebaiknya tidak memberikan alamat rumah , tanggal lain dan nomor telepon langsung di situs Facebook. Jangan memandang remeh bahwa data pribadi anda tidak akan dibuat iseng oleh pihak lain. Karena kita tidak pernah mengetahui kapan akan dijadikan target oleh tangan jail. Jangan sampai ketika memberikan update informasi bahwa anda sedang keluar kota, lalu dirumah mendapatkan telepon bahwa anda mengalami kecelakaan. Dan meminta sejumlah uang untuk rumah sakit.


Sembunyikan data Facebook anda dari Search Engine
Dengan meng-nonaktifkan bagian Public Search dan matikan fitur tersebut. Teknik ini akan mengamankan data anda dari pencarian member lain sampai search engine. Sehingga account anda tidak diganggu oleh orang yang tidak berkepentingan, dan anda lebih selektif mencari teman melalui Facebook.


Tidak terlalu sibuk dengan Facebook
Sudah banyak perusahaan di negara maju mulai melakukan block situs Facebook. Alasannya beraneka macam. Dari masalah produktifitas karyawan yang menurun, jam kerja yang digunakan untuk main Facebook sampai pemakaian bandwidth internet oleh staf karyawan. Hal ini bukan saja merugikan pihak perusahaan, tetapi jam kerja anda akan tersita oleh Facebook.


Jangan mendewakan Facebook
Facebook hanyalah sebuah website yang dirancang sangat pintar. Pertemanan yang baik adalah teman yang ada di dunia nyata

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

komentar yang bagus yah!

Belangganan ke e-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

XP-SHARE™ I RECOMMEND YOU TO DOWNLOAD RESUMEABLE AND FASTER WITH THIS FULL VERSION IDM,DOWNLOAD HERE | ALWAYS UPDATE WITH NEW POSTING | ALMOST ALL SOFTWARE WORK IN WINDOWS VISTA/7 | ADD ME ON FACEBOOK,CLICK HERE | ALL CONTENT IN THIS SITE PROTECTED BY COPYSCAPE | YOU CAN DONATE TO US JUST FOR BUYED A COFFEE FOR THE WRITER,THX :D